Saturday, December 26, 2015

Bitterly Sweet, Beautifully Ugly - 2015

2015 adalah tahun yang penuh dengan hal tak terduga bagi gua. Banyak kejadian indah yang terjadi kepada gua, tetapi banyak juga pengalaman pahit yang mesti gua telan. Tapi ya mungkin emang gitu cara kerja kehidupan. kejadian baik membuat gua terbang, tapi pengalaman pahit menjaga agar kaki gua tetap di tanah.

Dalam rangka #reflection2015, @sekberpmvbi. Artikel ini adalah highlight 2015 gua, mulai dari yang paling pertama terjadi sampai yang paling akhir. Ini adalah versi panjang dari artikel highlight. kalau tl;dr (ga mau baca terlalu panjang), buka aja versi pendeknya di sini.

Here we go




1. Gagal untuk konsisten blogging

Gua inget di pertengahan tahun ini, gua ngerenovasi full blog gua. Mulai dari layout sampai pemasangan iklan. Waktu itu gua semangat banget buat nulis di blog secara rutin lagi. Tapi seperti biasa, akhirnya blog ini terlantar lagi. Mungkin karena memang followernya ga banyak, tapi gua selalu percaya konsistensi adalah hal yang utama apabila kita ingin menjadi seorang konten kreator, baik dalam bentuk blog, review, ataupun video-video di youtube. Ga ada youtuber atau blogger yang followernya banyak tiba-tiba, pasti ada masa di mana mereka tidak memiliki follower dan masih bukan siapa-siapa. Tapi konsistensi mereka yang mendapatkan follower itu.

That being said, gua tetap aja paling susah sama yang namanya konsisten. Tapi, gua tetap ga nyerah sih... gua bakal tetap berusaha buat ngelatih diri agar konsisten nulis blog. Mulai dari pos yang ini.

2. Berhasil membeli Blackwidow dan Tartarus

Pertama kali gua ngeliat temen gua beli keyboard mechanical, gua bener-bener iri dan pengen buat punya keyboard mechanical. Ngetik pakai keyboard mechanical bagi gua bukanlah kerjaan tapi kaya rekreasi. Setiap gua ke kosan temen gua yang pakai keyboard mechanical, pasti gua langsung minjam keyboardnya buat ngetik, ngetik apa aja terserah. Gua juga ngga ngerti darimana obsesi sama keyboard mechanical ini muncul, tapi gua suka banget sama yang namanya keyboard mechanical. Mungkin bisa di bilang gua adalah keyboardhead (kaya orang sneakerhead, orang yang kecanduan sneakers).

Gua juga suka banget sama gaming pad tartarus. Pertama gua liat tartarus adalah waktu VGHS baru muncul di youtube. Dan saat itu juga gua langsung pengen banget buat beli tartarus.

Dan di tahun ini, gua berhasil membeli 2-2nya dengan uang kerjaan gua sendiri. See, membeli barang itu dengan uang jajan sebenarnya bisa aja dari tahun lalu. Tapi membeli itu dengan uang hasil kerja sendiri, rasanya berkali-kali lipat senengnya. Mahal sih memang, tapi apakah gua nyesel? jelas ngga. Keyboard Blackwidow membuat kegiatan ngetik gua semakin seru dan ngga ngebosenin. Setiap kali ngetik pakai keyboard itu, walaupun sebenarnya lagi kerja, rasanya ngga kaya kerja. Gamepad Tartarus adalah satu-satunya cara gua main dota sekarang, kalau ngga pakai gamepad Tartarus, gua ngga ngerti lagi gimana cara main dota. Jadi Tartarus dan Blackwidow jelas adalah invesetasi yang berarti banget bagi gua.

3. Gagal diet (lagi)

Ahhhh... ini mah udah cerita lama. Buncit gua masih belum ilang sampe sekarang. Malah tambah gendut rasanya. 3 bulan yang lalu, setelah liburan. Gua mulai ngegym lagi karena gua diejek sama mantan gua (waktu liburan masih cewe gua). Tapi ya emang gua mau perbaiki badan gua yang waktu itu lagi ancur-ancurnya. Bukan hanya dari segi presentasi tapi dari segi kesehatan. Gua terlalu sering dan lama duduk depan laptop. Sampai-sampai stamina gua jelek banget, kekuatan gua juga jelek banget. Ngangkat barang yang biasanya ringan jadinya berat banget. Jalan beberapa langkah juga terasa beban bagi gua. Akhirnya gua ngegym.

Gua ingat bulan pertama gua ngegym, dalam 1 bulan gua hanya skip 3 hari, lalu bulan kedua gua mulai skip 3 hari setiap minggu. Dan bulan ini, gua baru ngegym 3x. Alasannya sih klasik, kuliah dan kerja. Tapi ya emang mager aja sih, haha.

Gua selalu gagal ngegym setiap mendekati UTS, karena akan ada masa dimana gua ngga tidur selama beberapa hari gara-gara ngerjain tugas. Setelah tugas itu selesai gua ngga bisa langsung balik ngegym karena kesehatan gua bakal ngedrop setelah ngga tidur beberapa hari. Akhirnya istirahat selama beberapa hari, lalu lanjut ngerjain job luar kuliah. Akhirnya ngga tidur lagi, dan kesehatan ngedrop lagi. Setelah kerjaan dan tugas udah selesai, kesehatan juga udah pulih. Akhirnya jadi mager karena udah absen beberapa hari. Selalu gitu tiap kali mau mulai diet.

Gua juga emang ngga berharap banyak dari gym sih. yang penting gua ada gerak aja biar ngga mati muda duduk kelamaan depan laptop. Soal perut gua yang buncit, gua ngga begitu permasalahin deh, toh katanya cewe lebih suka cowo buncit. Bener ngga ladies?

4. Film Melamar Mitta masuk ke top 50 ISFF

Udah nonton Melamar Mitta? Belum? KEMANA AJA KAMU?! cepetan klik link ini untuk nonton Trailer Melamar Mitta! Habis itu baru balik kesini!

Melamar Mitta bisa di bilang project terbesar gua tahun ini. Sebelumnya gua ngga pernah sampai nyiapin budget untuk buat film. Tapi ntah kenapa gua benar-benar berusaha untuk membuat film ini film terbaik yang gua buat tahun ini. Mungkin karena dendam gua gagal membuat film bagus di semester ganjil.

Proses pembuatan film ini tidaklah mudah, mulai dari temen-temen kelompok yang tidak mendukung, ada beberapa yang egois dan lebih mementingkan diri sendiri daripada project ini (walaupun akhirnya senang juga namanya masuk ke kredit). Lalu proses pencarian dana yang lumayan susah karena baru pertama kali, harus menalangi beberapa pendanaan. Sampai sempat kena usir waktu lagi shooting. Tetapi apakah hasil akhirnya worth it? Jelas.

Walau gua tahu cerita dari film ini masih kurang menarik. Tapi seengganya gua udah ngeluarin semua kemampuan gua untuk film ini, dan menurut gua itu yang paling penting. dan akhirnya kerja keras membawa film ini ke top 50 ISFF yang diselenggarakan RCTI. Walau ngga menang, se-engganya gua berhasil mendapatkan sertifikat dari RCTI yang mengakui film gua adalah 50 terbaik dari ratusan film yang di submit ke ISFF.

5. Sempat jadi penulis salah satu youtuber top di Indonesia

Kerja keras gua di film Melamar Mitta sempat membawa gua untuk bertemu salah satu youtuber Indonesia. Kebetulan waktu itu mereka sedang mencari penulis, lalu gua submit karya-karya gua dalam bentuk CV ke mereka. Dan tiba-tiba tanpa gua sangka, gua dipanggil sama mereka. Dan akhirnya kami ketemuan secara casual di mall, dan di mall itu juga gua langsung mulai nulis buat mereka.

Gua inget banget gua sampai sempat harus meyakinkan diri gua kalo gua lagi benar-benar depan youtuber terkenal di Indonesia. Padahal gua kira kalau pun gua ketemu mereka suatu hari, gua hanya bakal ketemu mereka di seminar aja dan hanya berdiri dekat mereka kalau lagi ada sesi foto. Itu pun kalau dapat. Tapi ternyata hari itu, mereka makan siang bareng gua dan temen penulis gua. Dan kita ngobrol tentang seputar konten mereka dan konten gua sendiri. Mereka sempat nyeletuk "Lucu banget film lu yang nyari cincin itu! gua nontonnya sampai ngakak-ngakak". Dan perasaan dipuji sama orang yang memang ada di atas itu bener-bener sesuatu banget.

Walaupun sekarang emang lagi ga aktif nulis buat mereka lagi. Tapi sekedar pernah makan siang sambil nulis skrip bareng mereka itu udah sangat mengesankan bagi gua.

6. Membawakan materi singkat di luar kota

Gua ingat gua adalah anak yang paling ngga bisa presentasi waktu masih sekolah dulu. Kalau ada teman-teman SMP gua yang lagi baca artikel ini. Pasti ingat dulu gua pernah ngisi Story Telling di acara pentas seni sekolah. Dan gua maju membawa kertas yang isinya materi story telling gua. Lalu waktu di panggung, tangan gua gemetaran banget sampai kertas yang di pegang itu sobek di panggung. Pokoknya gemetarannya gua udah sampai mirip HP nokia jadul.

Berbicara depan orang banyak adalah momok gua dari dulu, hal yang paling gua takuti. Berbicara depan kelas yang isinya orang-orang yang gua kenal aja mengerikan, apalagi depan orang yang gua ngga kenal.

Tetapi seminggu sebelum artikel ini dipublish, organisasi vihara gua diminta untuk membawakan materi disebuah seminar yang diadakan di Bangka Belitung. Kebetulan waktu itu koordinator gua ngga bisa menghadiri seminar itu karena ada urusan kampus. Sehingga gua diminta untuk menggantikan dia dalam membawakan materi di seminar itu. Awalnya sih gua gugup setengah mati, karena gua belum pernah bawain presentasi di depan orang-orang yang ngga gua kenal sebelumnya. Tapi akhirnya gua tetap memberanikan diri untuk tetap presentasi di acara itu.

Dan hasilnya? luar biasa banget. Walaupun materi gua belum sempurna, tapi gua menemukan satu kesenangan dalam membawakan materi itu di depan audiens gua. Rasanya senang bisa memberikan pengalaman pribadi gua dalam bentuk materi yang bisa bermanfaat bagi teman-teman yang mengikuti seminar waktu itu. Walaupun audiens gua terdiri dari anak-anak yang masih sekolah mulai dari SD sampai SMA. Tapi gua yakin gua yang dulu belum tentu bisa membawakan presentasi, bahkan menikmati presentasi seperti diri gua yang sekarang.

7. Mendapat banyak Job

Mendekati akhir tahun, gua mendapat banyak banget job dari berbagai arah. Mulai dari teman dekat, sampai temannya teman dekat gua. Jobnya mulai dari job desain, job video dokumentasi, video animasi, fotografi, foto produk, sampai scriptwriting. Walaupun memang kuliah jadi sedikit terlantar gara-gara job ini. Tapi gua mendapat banyak pengalaman menarik dan uang jajan tambahan yang memungkinkan gua untuk sedikit lebih boros untuk kebutuhan hidup gua. Dari yang sebelumnya mesti hemat listrik, sekarang bisa lebih mengutamakan kenyamanan kos. Dari yang sebelumnya mesti hemat uang makan, sekarang lebih bisa mencicipi makanan baru disana-sini.

Selain itu, job-job ini membuat gua bertemu dengan orang-orang hebat yang memiliki banyak pengalaman dalam hidup mereka. Orang-orang yang banyak memakan pengalaman yang lebih pahit dari gua. Kemudian memberi gua kuliah singkat tentang bagaimana cara kerja kehidupan. Sehingga gua menjadi orang yang lebih realistis sekaligus optimistis. Jadi walaupun gua sedikit menelantarkan pelajaran kampus, gua ngerasa gua mendapat pelajaran yang lebih mahal dari klien-klien gua. Pelajaran yang ngga bakal kita dapatkan dari kampus manapun.

8. Putus

Ini adalah hal yang terjadi di akhir tahun 2015, dan merupakan hal yang mungkin akan paling membekas dari 2015. Karena datangnya benar-benar tidak disangka dan sangat tiba-tiba. Tidak ada satu orang pun dari teman-teman gua yang menyangka hal ini akan terjadi. dan gua sendiri juga ngga menyangka.

Bagi teman-teman dekat gua, pasti sudah pernah dengar bagaimana gua sudah bosan dengan hubungan ini. Ya gua akui, memang gua bosan dengan hubungan gua dan mantan gua. Jelas aja ketika kalian LDR selama hampir 2 tahun dan sama-sama memiliki kesibukan sendiri. Pasti rasanya susah untuk mempertahankan hubungan itu. Ketika kalian hanya memiliki 2 jam untuk saling menghubungi satu sama lain setiap harinya, tapi ternyata tidak bisa saling bercerita ketika ada kesempatannya. Jelas sangat sulit mempertahankan hubungan itu. Apalagi ketika ada pihak ketiganya yang rela dan sadar untuk menjadi pihak ketiga.

Walaupun gitu, boong kalo gua bilang ngga galau sebenarnya. No one likes break up, at least not when it happened. Tapi cara aku melihatnya, putus ini kaya obat. Pahit di telan, tapi pasti yang terbaik untuk kita berdua. Gua beruntung banget ketika gua diputusin, itu pas gua lagi banyak-banyaknya kegiatan. Terbang ke bangka belitung 2 hari, pulang minggu malam, senin paginya langsung pergi ke curug untuk mengikuti Buddhist Camp selama 3 hari sehingga semua kegiatan itu mendistract gua dari apa yang sedang terjadi.

===========================================================

Dan itu adalah highlight kehidupan gua dalam 1 artikel. 2015 bisa di bilang tahun yang sangat indah bagi gua. Tahun dimana gua ngepush diri gua ke limit gua dan memetik hasilnya di akhir tahun. Tapi merupakan tahun di mana gua harus mengorbankan beberapa hal dalam hidup gua, dan harus mengalami beberapa kejadian tak terduga.

Bitterly Sweet, Beautifully Ugly. So long 2015, and welcome 2016. Ayo capai sesuatu yang lebih besar di tahun 2016!

Gimana tahun 2015 kamu? Ada kejadian yang berkesan di tahun 2015? Ceritain langsung via komen di bawah! :D

No comments:

Post a Comment