Tuesday, July 5, 2016

Ga laku-laku, Gua defisit Estrogen - Part 1

Kemarin-kemarin gua sempat ikut seminar Dasar-dasar komedi yang diadain sama writingtable.club dengan pembicaranya Raditya Dika. Dan satu kalimat yang gua paling ingat salah satu rumus komedi yang sempat disinggung sama mas Radit adalah 'Tragedi + Waktu = Komedi'. Dan rumus itu cukup benar kalau dipikir-pikir karena sebenarnya kebanyakan cerita lucu kita sebenarnya adalah tragedi atau kesulitan yang kita atau teman kita alami dulu. Kaya jatuh dari motor, waktu jatuh sih ngga lucu, tapi setelah 2 bulan kemudian teman lu bakal ngetawain cara lu jatuh dari motor 2 bulan yang lalu.

Kejadian yang akan gua ceritain ini adalah cerita komedi yang punya rumus cukup berbeda dari punya bang radit. Rumusnya 'Tragedi + Repetisi = Komedi'. Karena tragedi yang gua alami terulang dan terulang terus sampai akhirnya terasa lucu.

Here's the story.

Seperti yang gua bilang di blog gua yang berjudul Martianware. Sudah setengah dari 2016 berlalu dan sejauh ini belum ada hal baik yang terjadi di kehidupan gua secara signifikan selain gua berhasil buat film Ramuan Cinta bareng teman-teman UKM gua.

Dan blog ini adalah blog dimana gua jatuh ke titik terendah gua sebagai cowok. Gua pernah jadi pacar yang brengsek, gua pernah jadi mantan yang bajingan. Tapi ini adalah titik terendah kehidupan gua sebagai seorang cowok.

Waktu gua putus satu semester yang lalu, teman gua ngasih tau gua tentang aplikasi Tinder supaya gua bisa cari pengganti pacar gua secepatnya. Dan gua bilang gua ngga perlu makai Tinder buat dapatin penggantinya karena memang kandidatnya ada banyak.

Gua heran, waktu gua masih LDRan sama mantan gua, susah banget yang namanya setia. Ntah kenapa gua selalu ada kesempatan buat berduaan sama cewe dengan alasan apapun. Ada yang minta bantuan tugas, ada yang minta bantuan foto model, ada yang minta bantuan benerin laptop. Pokoknya ada aja yang bisa tiba-tiba deket. Tapi ntah kenapa setelah gua putus, tiba-tiba semuanya menjauh. Semuanya ngeliat gua kaya predator liar yang lagi nyari mangsa.

Salah satunya cewe ini, kita sebut saja namanya Yolanda. Sebelum gua putus, gua cukup dekat dengan Yolanda. Setiap ketemu kita selalu toal-toel, dan selalu saling ejek, Tepat beberapa minggu sebelum gua putus, gua ada di posisi yang cukup dekat dengan Yolanda. Sampai teman gua mulai ngecengin gua sama dia. Tapi karena gua masih punya pacar, tentu gua jaga jarak sama Yolanda.

Soo.. ketika gua diputusin. Jelas orang pertama yang muncul dikepala gua adalah Yolanda.. Dan gua pikir, dengan kedekatan kami sebelum gua putus, Gua dan dia pasti bakalan cepat dekatnya.

Gua mutusin buat ngechat dia dan ngajakin dia jalan. Diluar prediksi gua, ternyata bukannya dekat, gua malah disangka predator. Dan bodohnya adalah gua mencoba ngajakin dia jalan berkali-kali. Setiap ajakan gua hanya membuat dia makin takut dan makin malas buat balas chat gua.

Akhirnya gua nyerah dan move on dari Yolanda, takutnya kalau gua lanjutin dia bakal ngelaporin gua ke polisi. Lalu gua teringat, beberapa minggu setelah gua putus, gua ngehadiri satu event kampus. dan di event itu, tanpa sengaja gua ketemu sama teman cewe gua; sebut saja namanya Shenna. Dan dalam pertemuan itu, sebelum gua sempat ngomong apa-apa, Shenna langsung nanya sama gua.

"Lu baru putus ya?"
Jelas aja gua kaget dengar pertanyaan itu, gua sama Shenna itu jarang ketemu dan jarang ngobrol. Sekalinya ketemu nanya-nya nge-jleb banget.
"eh... iya na... haha"
"Ooh.. Shenna juga baru putus kok! haha" balas dia dengan wajahnya yang sangat polos nan-imut.
Habis ketawa-ketawa sebentar, gua langsung pisah jalan sama dia.

Jadi setelah move on dari Yolanda. karena gua inget sama kejadian itu. Gua menetapkan target gua selanjutnya adalah Shenna.

"Oke, karena gua ngga bisa dapatin Yolanda, gua bakal deketin Shenna aja... kebetulan dia kayanya lumayan ada niat mau dekat sama gua..." Kata gua ke Cinkien temen kos gua.
"Shenna? emang dia udah ga sama Steven?" Tanya Cinkien
"Kemarin waktu di event *** dia bilang sama gua dia baru putus sih..."
"Oh ya? bukannya itu di snapchat dia, dia lagi jalan keparkiran mobil bareng Steven?"
"SERIUS?" tanya gua dengan kaget.

"nih coba liat..." Cinkien ngasih liat snapchatnya Shenna ke gua. Dan ternyata memang benar, isinya Shenna dan Steven yang sedang berjalan ke parkiran mobil buat ngambil mobilnya Steven. Ternyata setelah gua galih lebih jauh, keliatannya Shenna balikan sama Steven.

Melihat kondisi itu, gua langsung batal buat deketin Shenna. Alasan pertama karena gua punya kode EPW (Etika Pendekatan Wanita) yang harus gua hormati. Pasal 2 butir 11 yang berbunyi "Jikalau seorang wanita sudah dimiliki orang lain dalam status pacaran, maka engkau hanya boleh menjadi teman dari wanita tersebut sampai statusnya berakhir".

Dan lagi pula ngga mungkin gua bersaing sama Steven. Steven bawa mobil kalau mau ke kampus. Kalau gua nge-grab sama pacar gua, gua tetap harus bagi 2 biayanya biar gua bisa tetap makan di akhir bulan. Jadi memang levelnya beda jauh.

Setelah move on dari Shenna. Gua dekat sama teman kelas gua yang namanya sebut saja Mitta. Cewe paling cakep dan diidolain sama cowo-cowo angkatan gua.

Gua sama Mitta sekelompok dalam semua pelajaran kelas gua. Mau ngga mau kita jadi sering ketemu dan sering chatting untuk ngomongin tugas. Masalahnya adalah biasanya kita ngga hanya ngomongin tugas.

Mitta itu selain cakep, juga sangat friendly. Dan biasanya untuk cewek, Cakep + Friendly = Cowo baper. Dan itu yang terjadi sama gua, Mitta yang sering chat sama gua, didukung dengan kondisi gua yang memang lagi kurang teman cewe (teman chat gua yang cewe cuman Mitta pada waktu itu). Plus isi chatnya yang memang ngangenin bikin gua baper berat.

Masalahnya adalah Mitta masih punya cowo waktu itu. Dan karena gua harus mengindahkan Pasal 2 butir 11 dari kode EPW gua. Gua jadi jaga jarak sama dia.

Beberapa bulan kemudian, ternyata Mitta putus. Tetapi gua mulai melihat sesuatu yang aneh. Mitta dekat banget sama salah satu teman kelas gua dan interaksinya sama persis dengan interaksi dia sama gua. Dan itu cukup nampar sih di perasaan gua.

Akhirnya gua sadar, kalau ternyata Mitta itu ngga pernah ada sesuatu yang spesial dengan gua. Walaupun cara chat Mitta ke gua seakan-akan dia tertarik sama gua (banyak nanya-nanya hal pribadi, banyak mancing). Ternyata dia juga kaya gitu sama cowo-cowo lain. Memang orangnya ramah aja gitu sama cowo.

Ngga lama setelah kejadian itu, akhirnya Mitta jadi dekat beneran dengan satu cowo lain, kakak kelas dia. dan itu adalah tanda gua udah mesti move on... lagi...

See, untuk bisa deket sama cewe, gua ngga bisa cuma deketin cewe yang ada disekitar gua sekarang. Gua mesti kenal sama cewe baru kalau gua mau ada teman cewe yang dekat secara mesra. Karena dasarnya teman tapi mesra itu kan karena kedua pihak saling penasaran satu sama lain.

Gua mutusin buat deketin kenalan cewe dari UKM (Unit kegiatan mahasiswa) gua. Sempat kenal sebentar waktu gua bantu-bantu dekorasi di event UKM tersebut, jadi kita hanya saling tahu nama tapi ngga saling kenal. Sebut saja namaya Rina.

Gua bingung gimana cara gua menginisiasi kontak dengan Rina. Kalau gua chat langsung, kesannya bakal predator banget. Harus ada alasan yang mantap kalau gua mau chat dia, tapi karena kita beda jurusan, beda angkatan, dan beda dunia (loh). Gua benar-benar ngga ada alasan buat ngechat dia.

Akhirnya gua dapat 1 alasan yang lumayan tahi, tapi lebih baik daripada ngga ada sama sekali. Gua bakal pura-pura bego ngechat dia buat nanyain nama kertas berwarna yang dipakai buat dekor kemarin. Mulai lah gua menginisiasi chat. Gua ambil handphone gua dan gua ketik di line "Rinaa..", sent.

Pikir gua nanti habis dia balas "Ya kenapa?" baru gua mulai nanya-nanya sama dia.
Gua tunggu 1 jam.... ngga ada balasan..
Gua tunggu 2 jam.... masih ngga ada balasan...
Gua tunggu 3 jam... ADA BALASAN!!!.....

Apa balasannya? Lanjutin ceritanya di part 2 ;)

No comments:

Post a Comment